CAMAT KIKIM TIMUR PEBRONI, SE. MM

Kecamatan Kikim Timur adalah kecamatan tertua di dalam wilayah kikim yang beribu kota di desa Bungamas dengan luas wilayah 564,45 kilometer yang berbatasan dengan wilayah :

- Sebelah Utara                          : Kabupaten Musi Rawas

- Sebelah Selatan                       : Kecamatan Pesiksu

- Sebelah Timur                          : Kecamatan Gumay Talang

- Sebelah Barat                          : Kecamatan Kikim Barat, Kecamatan Kikim Tengah dan Kecamatan Kikim Selatan

Kecamatan Kikim Timur beriklim tropis dengan rata-rata jumlah curah hujan berkisar 133 per hari dan 3094 mm, jarak ibu kota kecamatan ke ibu kota kabupatan 27 km dan berada pada ketinggian  86 m dari permukaan laut dengan kuntur tanah yang berbukit.

Wilayah Kecamatan Kikim Timur mencakup 32 desa didalamnya yaitu desa Lubuk Nambulan, Gelumbang. Gunung Aji, Binjai, Sendawar, Gunung Kembang, Bungamas, Lubuk Layang Ulu, Lubuk Layang Ilir, Muara danau, Paduraksa, Gunung Karto, Karang Endah, Patikal Baru, Tanda Raja, Patikal Lama, Muara Empayang, Lubuk Kute, Seronggo, Gedung Agung, Lubuk Tampang, Cecar, Datar Serdang, Batu Urib, Tanjung Bindu, Babat Lama, Linggar Jaya, Marga Mulya, Kencana Sari, Purwa Raja, Cempaka Sakti, Suko Harjo.

kecamatan Kikim Timur yang berada dalam Kabupaten Lahat merupakan kawasan perbukitan dan pegunungan ynag dikelilingi oleh Bukit Barisan. Kondisi alam ini rata-rata berada pada ketinggian 400 – 900 m dari atas permukaan laut dan terletak di antara 3.5 – 4.5 derajat Lintang Selatan dan 103 – 103.70 derajat Bujur Timur.Kabupaten Lahat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Selatan yang memiliki potensi Wisata Alam dan Budaya yang telah dikenal sampai ke manca negara. Kota Lahat berjarak sekitar 225 KM dari Kota Palembang dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 4 jam perjalanan.

Kota Lahat memiliki 40 potensi alam, 22 buah benda Cagar Budaya serta atraksi wisata. Wisata Alam yang cukup terkenal adalah bukit selero, penduduk setempat menyebutnya “Bukit Tunjuk”, karena bentuk puncaknya mirip telunjuk yang mencuat ke langit dan bukit ini merupakan satu – satunya bukit yang mirip telunjuk di dunia. Kawasan ini dapata digunakan untuk area wisata Panjat Tebing dengan panorama alam yang sangat indah dan menarik.

Bumi seghepat seghendi akan menyambut kehadiran wisatawan dengan penuh keramah tamahan, apalagi kota yang asri dan bersih ini beberapa waktu lalu mendapatkan piala adipura dari presiden RI dengan kategori Kota Sedang.

Potensi Pariwisata , Seni Dan Budaya

1. Potensi Wisata

Di Kabupaten Lahat banyak objek wista yang menarik terutama objek wisata alam, antara lain yaitu :

Taman Wisata sungai Lematang, Taman Rekreasi Ribang Kemambang, dan Gua Seraman yang berlokasi di Kecamatan Lahat,
Ribang Gayau di desa Kedaton Terkul, Air Terjun Curup Panjang, Air Terjun Karang Dalam di desa Pulau Pinang, Goa Laye di desa Karang Agung, Air Panas di desa Padang Pagun, Goa Mensanap dan Air Terjun di Lekung Daun di Kecamatan Pulau Pinang,
Bukit Runcing di desa Sukaraja, Air Terjun Tebat Bukit di desa Gedung Agung Kecamatan Kota Agung,
Bukit Serelo dan Pusat Pelatihan Gajah, di Kecamatan Merapi,
Air Terjun dan Air Panas, di Kecamatan Tanjung Sakti,
Wisata Alam dan Ngarai, di desa Ulak Dabuk Kecamatan Tebing Tinggi,
Komplek Megalith, di desa Tinggi Hari.

2. Seni dan Budaya

Kabupaten Lahat kaya akan seni dan budaya, antara lain yaitu :

Tari Erai – erai,
Tari Sanggan Sirih
Tari Siwar,
Tari Kembang Emas

.

IKlan 3
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri